Terbaru

Dua Cara Melaporkan Penipuan Online: Bisa Lewat Polisi atau Website

Baru saja jadi korban penipuan online? Berikut cara melaporkan penipuan online yang patut dicoba agar uang kembali, baik melalui kepolisian atau melalui website dan aplikasi.
Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 6 Menit
Ilustrasi cara melaporkan penipuan online. Sumber: pexels.com
Ilustrasi cara melaporkan penipuan online. Sumber: pexels.com

Cara melaporkan penipuan online mendadak banyak dicari saat ini. Terang saja, pasalnya angka penipuan online semakin marak sejak pandemi melanda. Sebagian besar aktivitas dilakukan secara mobile dengan bantuan gawai dan internet. Mulai dari aktivitas belanja, bekerja, belajar, akses informasi, telekomunikasi, hiburan, hingga perbankan.

Banyaknya aktivitas secara daring ini memberikan celah yang besar bagi para penipu. Lantas, bila menjadi korban, bagaimana cara melaporkan penipuan online yang tepat?

Modus Penipuan Online yang Marak Terjadi

Sebelum membahas cara melaporkan penipuan online, mari kenali dulu beberapa bentuk modus penipuan online yang mungkin mengintai. Jika telah mengetahui bentuk-bentuknya, risiko tertipu tentu akan lebih kecil, bukan?

Berdasarkan siaran pers Kominfo pada Agustus lalu, ada lima modus penipuan online yang marak terjadi di Indonesia, antara lain phishing, pharming, sniffing, money mule, dan social engineering.

  1. Phishing

Modus penipuan online yang satu ini merupakan bentuk yang paling sering ditemukan. Biasanya, phishing dilakukan melalui email atau pesan teks. Model pesan nya pun beragam, bisa lowongan kerja, undian dengan nilai fantastis, atau bahkan dikirim dari kenalan yang akunnya telah diretas.

Dalam pesan penipuan tersebut, terdapat link suatu website tertentu. Penerima akan digiring untuk membuka situs dan mendaftarkan diri. Nantinya, data-data pribadi yang dimasukan akan dicuri dan digunakan untuk mengambil akses rekening bank, kartu kredit, atau uang digital lainnya.

Untuk mencegah terjadinya phishing, pastikan kredibilitas alamat pengirim pesan. Apabila email atau teks dikirim oleh keluarga atau kerabat yang dikenal, segera hubungi dan cek kebenaran kabarnya sebelum memasukkan data apa pun.

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait