Terbaru

Berencana Melakukan Career Pivot? Simak Tipsnya dan Persiapkan Strategi yang Terukur!

Mulai berani keluar dari zona nyaman dan yakinkan diri Anda untuk mulai mengambil risiko yang terukur dalam mengembangkan karier diluar apa yang sedang Anda kerjakan sebelumnya.
Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Foto: Ilustrasi Hukumonline
Foto: Ilustrasi Hukumonline

Setelah bekerja sekian lama, ada masanya dimana seseorang merasa bosan dan jenuh dengan apa yang dijalani. Hal yang biasa dilakukan terasa sudah tidak ada tantangannya, melainkan hanya menjalankan apa yang harus dilakukan sehari-hari sehingga terjebak menjadi sebuah “rutinitas”.

Pandemi covid-19 ternyata juga membawa dampak bagi kejenuhan dan tingkat stress pekerja. Berdasarkan hasil survei PPM Manajemen, diketahui bahwa 80 persen pekerja mengalami gejala stres selama pandemi. Stres juga terjadi dari level sedang hingga berat dengan rentang usia 26-35 tahun sebesar 83 persen, 36-45 tahun sebesar 79 persen, dan di bawah usia 25 tahun 78 persen. Stres tersebut timbul dengan alasan yang beragam, seperti kekhawatiran akan penyebaran virus covid-19, keselamatan dan kesehatan keluarga, hingga keberlangsungan bisnis saat pandemi. Lebih dari itu, aktivitas bekerja dari rumah juga tidak sedikit menyebabkan gejala “burn-out” atau kondisi kelelahan mental atau emosional yang terjadi akibat stres yang terus-menerus. (Baca juga: Tips Menjaga Mental Health Selama Pandemi ala Legal Profession)

Beberapa hal yang dapat dilakukan ketika seseorang mulai merasa jenuh dengan apa yang dikerjakan, salah satunya dengan mengambil cuti untuk sekadar rehat dari aktivitas pekerjaan. Namun, ada juga yang ketika sudah mengambil cuti, masih tetap mengalami kejenuhan, apakah Anda salah satunya? Mungkin ini saatnya Anda mempertimbangkan “career pivot”, yaitu mulai mengambil risiko yang terukur untuk mengembangkan karier diluar apa yang sedang Anda kerjakan sebelumnya. Simak tips-tips bagi Anda yang ingin melakukan career pivot:

  1. Cari Kekuatan Diri Anda dan Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari hal yang terasa nyaman harus Anda mulai. Pertama, mulai eksplorasi apa yang menjadi kekuatan diri Anda, lalu mengembangkannya menjadi nilai jual Anda. Untuk menemukan hal tersebut, Anda bisa mengikuti psikotes untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan Anda, atau bisa berdiskusi dengan orang terdekat yang benar-benar memahami Anda. Yakinkan diri Anda, bahwa apa yang akan Anda lakukan ini akan bermanfaat bagi perkembangan karier dan personal diri Anda.

  1. Banyak Berdiskusi dengan Orang Lain

Setelah yakin dengan pilihan yang diambil, mulai lakukan diskusi dengan orang lain yang memiliki perspektif berbeda, misalnya bekerja di sektor bisnis lain, bahkan profesi lain. Hal ini diyakini akan memperkaya pandangan Anda terhadap suatu hal. Anda juga bisa melakukan diskusi dengan network Anda untuk mencari informasi mengenai peluang bekerja di tempat lain.

  1. Mencari Peluang dari Bekerja Sampingan

Jangan menunggu hingga perusahaan tempat Anda bekerja sekarang menawarkan apa yang Anda senangi. Sementara Anda masih ditempat yang sama, cari proyek atau kerja sampingan yang dapat meningkatkan keterampilan Anda. Siapa tahu, proyek ini dapat membuat Anda melupakan rasa jenuh yang Anda hadapi dan tentunya menjadi sumber penghasilan tambahan.

  1. Tingkatkan Skill dan Keterampilan Anda

Terakhir dan yang terpenting, Anda harus terus belajar dan meningkatkan keterampilan Anda. Di era digital seperti sekarang, belajar bahkan bisa dari mana saja. Tidak melulu dari buku dan kelas secara langsung, melainkan melalui pembelajaran secara daring, salah satunya melalui Online Course Hukumonline. Melalui Online Course Hukumonline, Anda dapat menemukan topik yang relevan dengan kebutuhan Anda, dan mengatur waktu belajar secara fleksibel, sesuai preferensi Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sertifikat di akhir sesi.

Yang terbaru, Online Course Hukumonline menghadirkan kelas berjudul “Tips Mencari Pekerjaan bagi Legal Professional. Kelas ini cocok bagi Anda, profesional hukum yang ingin memulai karier baru, career pivot dengan strategi yang terukur. Materi akan disampaikan oleh Albertus Pratama, konsultan rekrutmen senior bagi para profesional di bidang hukum dan public policy di Robert Walters. Albertus telah berpengalaman membantu perusahaan baik lokal maupun multinasional untuk mencari kandidat profesional hukum.

Melalui kelas ini, Anda akan mendapatkan pemahaman secara komprehensif tentang berkarier di dunia profesional hukum seperti firma hukum, perusahaan multinasional hingga proses rekrutmen. Anda juga akan mendapatkan cara dan strategi terbaik tentang “how to market yourself” ditengah ketatnya persaingan dalam bursa kerja.

Khusus untuk Anda, dapatkan harga spesial Rp119rb dari harga normal Rp149rb. Segera akses kelasnya sekarang dengan mengunjungi tautan berikut dan gunakan kode voucher OC-LP saat check-out pembayaran!